Sunday, June 28, 2009

Spayol Posisi 3 di Piala Konfiderasi


Rustenburg - Spanyol mendapat perlawanan sengit dari Afrika Selatan dalam perebutan posisi tiga. Lewat periode perpanjangan waktu, La Furia Roja dengan susah payah memetik kemenangan 3-2.

Keberhasilan merebut posisi tiga mungkin bisa jadi sedikit pelipur lara buat Iker Casillas cs yang di semifinal lalu secara mengejutkan ditundukkan Amerika Serikat 0-2.

Bertanding di Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg, Minggu (27/6/2009), Katlego Mphela lebih dulu membuat Spanyol dalam posisi tertinggal lewat golnya di menit 73. Dua gol Daniel Guiza kemudian membalikkan kedudukan menjadi 2-1, sebelum Mphela mencetak gol di masa injury time untuk membuat skor sama kuat 2-2.

Gol penentu kemenangan sang juara Eropa dicetal oleh Xabi Alonso melalui eksekusi tendangan bebas di menit 106.

Jalannya pertandingan

Pertandingan baru berjalan empat menit saat David Villa membuka peluang untuk Spanyol. Tendangan melengkungnya yang mengarah ke tiang jauh dengan susah payah ditepis kiper Itumeleng Khune.

Di menit 13 gantian Afsel yang mengancam gawang Casillas. Dari tendangan bebas jarak jauh yang dilepaskan Macbeth Sibaya tepat mengarah ke Matthew Booth, berdiri tanpa terkawal tandukan Booth masih melayang jauh di atas gawang Spanyol.

Sebuah tendangan Fernando Torres yang melenceng setelah melakukan kerjasama dengan Santi Cazorla melanjutkan upaya Spanyol menggedor pertahanan lawannya. Tapi Afrika Selatan menunjukkan kalau mereka tak bisa ditekan dengan mudah, dengan determinasi tinggi mereka mampu mengimbangi Spanyol dan memaksakan babak pertama berkesudahan tanpa gol 0-0.

Tiga menit pertandingan berjalan, Spanyol mencetak gol melalui Sergio Busquets yang me-rebound tendangan Villa. Namun wasit membatalkan gol tersebut karena gelandang Barcelona itu dianggap dalam posisi offside.

Setelah beberapa peluang gantian dimiliki kedua tim, adalah pendukung tuan rumah yang pertama kali merayakan selebrasi gol tepatnya di menit 73. Menerima umpan dari sisi kiri, Mphela sempat mengontrol bola dengan kaki kanan sebelum kaki kirinya menyambar bola yang melewati Casillas dalam sebuah rangkaian kejadian di muka gawang.

Terhenyak dengan gol tersebut, Spanyo berusaha makin menekan pertahanan lawannya. Skuad besutan Vincente Del Bosque nyaris dibuat frustasi sampai Guiza mencetak gol penyama saat laga tersisa tiga menit. Tendangan kaki kananannya saat dikepung tiga bek lawan melesat ke pojok kiri bawah gawang Afrika Selatan.

Semenit berselang gantian pendukung Afrika Selatan yang dibuat tertunduk. Guiza lagi-lagi menjebol gawang Itumeleng Khune saat bola yang dia lob melayang ke tiang jauh dan membentur tiang sebelum memantul ke dalam gawang.

Tapi kemenangan Spanyol yang sudah di depan mata harus melayang setelah Mphela lagi-lagi menjebol jala Casillas di tiga menit masa injury time. Skor 2-2 membuat pertandingan dilanjutkan melalui perpanjangan waktu.

Di masa perpanjangan waktu kedua tim masih tampil offensif yang membuat beberapa peluang matang berhasil dikreasikan.

Adalah Xabi Alonso yang kemudian memastikan kemenangan Spanyol, tendangan bebasnya dari luar kotak penalti menerobos mulus ke dalam gawang. Kiper Khune sama sekali tak bergerak karena mengira bola akan berubah arah lantaran banyak pemain berusaha mengejat si kulit bundar tepat di depan gawangnya.
Sumber : Detik.com

No comments:

Post a Comment