Sunday, October 28, 2012

Lubang Besar di Lini Belakang Barcelona

Barcelona - Tujuh kemenangan dan satu hasil imbang jadi catatan bagus Barcelona di awal musim 2012/2013. Tapi The Catalans masih jauh dari sempurna, terutama lini belakangnya yang punya lubang besar.

Lubang tersebut terlihat saat Barcelona harus kemasukan empat kali saat melawat ke Deportivo La Coruna, akhir pekan kemarin. The Catalans memang kemudian menang, tapi skor 5-4 adalah fakta yang menjadi ganjalan besar atas mulusnya perjalanan Xavi Hernandez di awal musim ini.

Secara umum sepanjang musim ini, lini belakang jadi titik terlemah Barcelona dan sudah berhasil dieksploitasi dengan baik oleh rival-rivalnya. Dari delapan pertandingan di La Liga, Barcelona sudah kemasukan 11 kali. Padahal dalam kurun yang sama musim lalu gawang Victor Valdez baru jebol empat kali.

Catatan lainnya adalah, dalam empat musim terakhir tak pernah Barca kemasukan empat gol dalam satu laga. Kali terakhir itu terjadi adalah di musim 2008-09, ketika itu Barca kalah 3-4 di Vicente Calderon, kandang Atletico Madrid.

Jika ditotal dari 12 laga resmi yang sudah dimainkan di seluruh kompetisi, Barcelona kemasukan 17 gol. Jumlah tersebut dianggap terlalu banyak buat klub seperti Barca.

"Saya melihatnya dari sisi positif, dengan tim memberi reaksi bagus dalam kondisi sulit, seperti saat bermain sepanjang babak kedua hanya dengan 10 orang, seperti terjadi di Madrid," sahut Tito Vilanova mengomentari gol-gol yang tercipta di gawang timnya, seperti diberitakan Marca.

Barcelona saat ini masih memuncaki klasemen, plus Lionel Messi yang makin rajin bikin gol. Dua fakta tersebut sejauh ini memang cukup memuaskan, apalagi catatan tujuh kemenangan dan sekali imbang dari delapan pertandingan membuat Vilanova menyamai start terbaik yang pernah dicapai The Catalans.

Soal lini belakangnya, Barcelona juga bisa berharap kondisinya akan segera membaik setelah Gerard Pique kembali dari cedera.

No comments:

Post a Comment